Tuesday, February 26, 2019

7 Fakta tentang puting payudara, nomor 6 tak boleh dilewatkan


Fakta tentang puting payudara, selain sebagai media untuk menyalurkan ASI, juga bagian tubuh wanita yang mudah dirangsang saat foreplay. Tak hanya itu, kondisi puting yang berbeda bisa memberikan tanda mengenai kesehatan tubuh dan kehidupan seksual Bunda.
Apa sajakah fakta puting payudara dan maknanya bagi kesehatan wanita? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

7 Fakta tentang puting payudara

Melansir dari laman Prevention, setidaknya ada 7 fakta tentang puting payudara yang harus Anda ketahui.

1. Keluar cairan dari puting

Meskipun Anda sedang tidak hamil atau menyusui, keluarnya cairan dari puting tetap dianggap normal. Leah S. Gendler, MD, seorang ahli bedah payudara di Morristown Medical Center, New Jersey mengatakan,”Cairan bisa keluar dari puting jika ditekan.”
Namun lebih lanjut Leah menjelaskan,  jika puting tidak ditekan dan keluar cairan dari salah satu payudara, segeralah menghubungi dokter. Kondisi ini bisa jadi itu tanda tumbuhnya kista jinak atau gejala kanker payudara.
fakta tentang puting

2. Fakta tentang puting ketiga yang merupakan hal normal

Puting ketiga ini seringkali dianggap kutil atau tanda lahir. Puting ketiga bisa berada di bagian tubuh mana saja, dan biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan.
Grace Ma, seorang ahli bedah plastik di Atlanta mengatakan, puting ketiga ini bisa diangkat dengan prosedur operasi kecil selama setengah jam. Proses pemulihannya pun tergolong cepat.

3. Olahraga bisa melukai puting

Bila Anda melakukan olahraga tanpa memakai bra yang sesuai, puting payudara bisa mengalami gesekan hingga lecet.
Namun, jika puting Anda tampak kemerahan, gatal atau terkelupas walau tidak melakukan olahraga berat, segeralah menghubungi dokter. Kondisi ini bisa menjadi gejala awal penyakit Paget, sejenis kanker langka di area puting dan areola.
Tapi, puting gatal dan kemerahan juga bisa dikarenakan eksim. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, Bun.
Agar puting aman dari gesekan dan lecet, sebaiknya gunakan sport bra saat melakukan olahraga apapun. Selain menopang payudara dengan lebih baik, bra jenis ini juga membuat puting tidak mengalami gesekan secara berlebihan.
fakta tentang puting

4. Rambut halus di puting

Bintik-bintik kecil di puting adalah folikel rambut. Jadi jika puting Anda memiliki beberapa helai rambut halus di puting, ini tergolong normal. Kondisi ini bisa dialami pada laki-laki dan perempuan.
Bila ingin memotong atau mencabutnya, lakukan dengan hati-hati. Jika dilakukan sembarangan, bisa membuat folikel di puting terluka, menjadi lebih besar, bahkan gatal dan mengelupas. Bila ini terjadi, segera menghubungi dokter, karena bisa menjadi gejala infeksi.

5. Fakta tentang puting payudara yang sakit saat menyusui

Kondisi ini normal terjadi, namun juga bisa dihindari. Puting terasa sakit, sensasi terbakar, lecet atau lainnya. Biasa terjadi pada minggu-minggu pertama Anda menyusui bayi.
Ada banyak hal yang bisa menyebabkan puting terasa sakit selama menyusui. Hubungilah dokter atau konsultan laktasi untuk mengetahu penyebab dan solusi tepat menanganinya.
fakta tentang puting

6. Fakta tentang puting sebagai zona erotis di tubuh wanita dan pria

Berdasarkan penelitian di Universitas Rutgers, rangsangan di bagian puting bisa menimbulkan sensasi yang menyenangkan di otak. Serupa dengan sensasi yang dihasilkan oleh rangsangan di vagina, klitoris dan serviks.
Oleh sebab itu, tindik di bagian puting tidak disarankan, karena bisa menghilangkan sensasi ini akibat kerusakan saraf di bagian puting.

7. Fakta tentang puting terbalik yang sering membuat Bunda cemas

Z. Paul Lorenc, MD, seorang ahli bedah plastik di kota New York mengatakan, sekitar 15% wanita memiliki kondisi puting terbalik sejak lahir.
“Ini adalah kondisi yang disebabkan jaringan ikat yang menyebabkan puting tertarik ke dalam. Dengan operasi kecil puting terbalik bisa diperbaiki,” paparnya.
Operasi dilakukan dengan cara membuat sayatan di jaringan ikat, hingga puting mencuat keluar. Operasi puting terbalik dengan obat bius bisa dilakukan dalam jangka waktu 1 jam.

0 comments:

Post a Comment